Minggu, 09 Desember 2012

Parlindungan Raih Anugerah Jurnalistik dan Penulis Muda Pertanian 2012 dari Menteri Pertanian RI


Parlindungan kembali meraih anugerah, yakni Anugerah Jurnalistik dan Penulis Muda Pertanian 2012 oleh Menteri Pertanian RI, Dr. Ir. H. Suswono, MMA. Anugerah ini diraih pasca Parlindungan raih Juara II (dua) dalam Lomba Penulisan Artikel Pertanian 2012.

“Saya mengambil judul artikel “Perhatian Pers Terhadap Pertanian Indonesia, Solusi Alternatif Atasi Kemiskinan Petani Gurem” yang dimuat di Majalah Venues Edisi XIV Tahun 2012.

Sementara Juara I di raih oleh Lilik Darmawan (Media Indonesia) dengan judul tulisan “Bali Ndeso Mbangun Ndeso”. Sedangkan juara III diraih oleh Muhammad Hilmi Faiq (Kompas) dengan judul “Sayuran Sejahterakan Masyarakat Karo”.

Pengumuman pemenang lomba dilaksanakan, Senin (26/11/2012) dalam acara temu pers di SME Tower, Lt.10 Jl. Gatot Subroto, Jakarta. Sementara penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada Selasa (27/11/2012) di Auditorium TVRI dan disiarkan langsung di TVRI pada pukul 15.00 WIB, dan anugerah diberikan langsung oleh Menteri Pertanian RI melalui Dirjen Perkebunan, Gamal Nasir.

Dalam sambutannya, Ketua Dewan Juri, Syamsudin Nur Moenadi memaparkan, ada beberapa alasan juri memilih tulisan tersebut menjadi pemenang. “Pemilihan dilakukan secara objektif oleh 5 dewan juri yang terdiri dari kalangan pers, akademisi, pengamat pertanian,” katanya.

Sementara penulisan didasarkan pada kriteria tulisan, sistemtika penulisan, sesuai tema dan relevansi, nilai keunikan, dan mampu menghubungkan data dengan argumen. “Kita berharap pers tidak hanya konsen pada publih oriented, tapi juga pada kepentingan dakwah, salah satunya masalah pertanian,” ujarnya.

Sementara itu, Parlindungan yang dihubungi via telepon mengungkapkan, kalau ia merasa sangat senang dengan penghargaan ini. Apalagi sebagai media lokal mampu sejajar dengan media-media nasional. “Ini kebanggaan yang luar biasa bagi saya menjadi salah satu juara dalam kegiatan ini,” tambahnya.

Ia berharap hal ini akan semakin menambah motivasinya dalam berkarya dalam bidang jurnaslitik dan memotivasi rekan-rekan lainnya untuk berbuat lebih baik lagi. (*)

Berita ini dimuat: http://riaubisnis.com/index.php/cosmo-news/cosmo-news/51-cosmo/5830-chief-editor-riaubisniscom-raih-juara-ii-lomba-anugerah-jurnalistik-pertanian-2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar