Rabu, 07 November 2012

Parlindungan Raih Anugerah Sagang 2012


Tim penilai Anugerah Sagang akhirnya mengumumkan hasil pemenang Sagang 2012. Parlindungan, SH MH meraih predikat sebagai juara Kategori Penelitian Budaya Melayu. Parlindungan, SH MH merupakan pekerja seni yang konsisten berkarya memajukan dunia kesenian dan budaya Melayu di Riau. Karya Penelitian Pilihan Sagang 2012 diberikan kepada Parlindungan SH MH dengan karya ‘’Tinjauan Terhadap Sejarah Datuk Laksamana Raja di Laut, Gelar Keramat hingga Media Pemersatu Siak-Bengkalis’’.

Kesehariannya Parlindungan, SH MH adalah jurnalis/pers dengan posisi sebagai Chief Editor di Riaubisnis.com dan Majalah Venues. Selain itu ia sebagai Pembina Sanggar Lisendra Dua Terbilang Universitas Islam Riau.

Keputusan tersebut diambil tim penilai setelah melewati tahapan penilaian dan pembahasan yang alot. Para pemenang merupakan seniman dengan karya terbaik dari sejumlah nominator sesuai kategori yang telah ditetapkan.

Ketua Tim Penilai Anugerah Sagang 2012, Rida K Liamsi mengatakan hasil penilaian diperoleh dari perdebatan yang panjang dan alot. Ini dikarenakan, karya sastra yang masuk nominator mememiliki nilai artistik yang tinggi.

‘’Untuk penilaian karya sastra ini memang memerlukan waktu yang cukup panjang. Karena harus terukur dan subjektif,’’ tutur Rida seperti dikutip dari Riau Pos Rabu (7/11/2012).

Rida mengatakan Anugerah Sagang merupakan apresiasi atas kerja keras para seniman yang berperan dalam pengembangan budaya Melayu. ”Teruslah berkarya untuk perkembangan budaya Melayu. Anugerah Sagang juga berperan sebagai wujud rasa terima kasih kepada seniman yang tunak dan konsisten dalam semua karyanya,’’ ulas Rida.

Sementara itu, Ketua Yayasan Sagang, Kazzaini KS mengatakan, penganugerahannya diberikan pada malam puncak Anugerah Sagang pada 23 November di salah satu hotel berbintang di Pekanbaru.

Dia mengharapkan, Anugerah Sagang juga memiliki nilai positif dalam memberikan motivasi kepada seniman. Sehingga dapat terus menghasilkan karya sastra terbaik dalam mendukung pengembangan budaya Melayu di Bumi Lancang Kuning.

Dari hasil tim penilai Anugerah Sagang ditetapkan GP Ade Dharmawi sebagai penerima kategori Seniman/Budayawan Pilihan Sagang 2012. Sedangkan penerima kategori Buku Pilihan Sagang dianugerahkan untuk karya sastra Grafiti Bukit Puisi Kumpulan Sajak M Badri.

Sedangkan untuk penerima kategori Non-Buku Karya Alternatif Pilihan Sagang 2012 dianugerahkan pada karya sastra dalam pementasan teater “Peri Bunian” produksi Komunitas Seni Rumah Sunting.

Untuk penerima Anugerah Sagang dalam kategori Institusi/Lembaga Seni Budaya Pilihan Sagang 2012 adalah Pusdatin Puanri, Pekanbaru. Sedangkan penerima anugerah Seniman Serantau Pilihan Sagang diberikan kepada Hasan Asphani (Sastrawan), Kepulauan Riau.

Sementara untuk penerima anugerah Jurnalistik Budaya Pilihan Sagang 2012 adalah karya sastra wartawan Riau Pos, M Fadhly dengan judul ‘’Melihat Tradisi Atib Ambai di Kecamatan Kubu; Menolak Bala ke Ujung Pulau’’. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar